Cara Melakukan Sharing Printer Melalui LAN

Donny Kurniawan Reply 8:10 AM
Salah satu manfaat dari jaringan yang bisa kita rasakan adalah sharing printer. Dengan sharing printer, kita dapat menghubungkan beberapa PC ke satu printer yang bertujan untuk memepermudah kinerja user. Kita dapat melakukan satu printer secara bersama.

1. Pertama siapkan kabel LAN tipe cross untuk menyambungkan PC pertama dengan PC kedua. Jika kalian tidak mengerti tipe kabel cross, silahkan klik di SINI

2. Lalu yang kita harus lakukan adalah mengatur pengaturan sharing file dan printer pada control panel. Pertama buka "Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center > Advanced sharing settings"

3. Atur pengaturan seperti berikut.

4. Setelah itu atur pada PC pertama yang ingin melakukan sharing printer dengan membuka "Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers" dan pilih driver printer yang ingin di share.

5. Klik kanan, pilih opsi "See what's printing"

6. Ketika muncul seperti ini, klik "printer > properties

7. Pilih pada tab "Sharing", dan tandai "Share this printer"

8. Jika muncul icon seperti ini maka printer berhasil ter-share

9. Jika semua sudah selesai, saatnya untuk membuat PC 1 dan PC 2 menjadi sebuah jaringan lokal (LAN), dengan cara sambungkan kabel LAN di masing-masing port ethernet PC.

10. Setelah itu buka "Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center" pada PC pertama, dan pilih "Local Area Connection"

11. Setelah itu, pilih "Internet Protocol Version 4" dan klik properties

12. Lalu isikan IP yang bisa satu jaringan dengan PC kedua. Sebagai contoh kalian dapat mengisi IP PC 1 dengan IP 192.168.1.1 dengan subnet mask 255.255.255.0, dan IP PC 2 dengan 192.168.1.2 dengan subnet mask 255.255.255.0 (IP pada network adapter “Local Area Connection” sama seperti PC 1)

13. Untuk mengecek apakan kedua PC bisa saling terhubung, bisa di cek dengan cara membuka CMD (Start > All Program > Accessories > Command Prompt) dan ketikkan perintah "ping 192.168.1.2" pada PC pertama. Jika muncul "Reply from......" itu berarti PC sudah saling terhubung, namun jika bertuliskan "Request timed out" maka PC belum saling terhubung, dan periksa kembali apa yang menjadi masalah.

14. Lalu ketikkan "\192.168.1.1" pada address bar windows explorer pada PC 2

15. Jika muncul printer dalam jaringan network-nya, maka sharing printer berhasil

16. Dan jika ingin melakukan print dokumen, tinggal arahkan destinasi printer kepada printer yang telah dishare

17. Dan jika kalian ingin melakukan sharing printer menggunakan Ad Hoc, tinggal ubah pengaturan IP ke adapter Ad Hoc. Artikelnya bisa dilihat di SINI pada bagian pengaturan IP Ad Hoc.

Related Posts

Jaringan 2071934000125805237

Post a Comment

Search

Find Me!