Cara Konfigurasi DHCP Server pada Linux

Donny K Reply 8:14 AM
Pada artikel saya sebelumnya, membahas tentang Pengertian DHCP. Namun saya akan membahas sedikit tentang DHCP disini.
DHCP (Dynamic Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.

Yang akan kita instal kali ini adalah DHCP Server, dimana komputer yang bertugas untuk membagikan IP secara otomatis kepada client yang meminta IP. Saya mempraktikkannya pada Debian Server di komputer virtual menggunakan VirtualBox.

Silahkan lihat dokumen saya yang sudah saya upload di slideshare.net.


Related Posts

Sistem Operasi 4460486908948910144

Post a Comment

Search

Find Me!