Cara Melakukan Sharing Koneksi Internet Tanpa Software

Donny Kurniawan Reply 8:06 AM
Sharing internet adalah kemampuan untuk melakukan sharing/berbagi koneksi internet dengan hanya saluran komunikasi (misalnya kabel Telepon/LAN). Beberapa komputer bisa dilakukan secara bersama-sama sekaligus untuk koneksi ke internet. Tentu saja biaya dan akses internet dapat dibagi ke semua komputer workstation sehingga biayanya yang lebih murah.
Secara garis besar, komponen-komponen untuk melakukan sharing internet adalah:
- Gateway (Jika lebih dari satu client)
- Jaringan/LAN
- Koneksi internet

Sharing koneksi internet sebenarnya dapat dilakukan tanpa menggunakan software apapun, dan semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan yang terdapat dalam OS Windows. Hal sangat membantu apabila teman kita terkoneksi dengan WiFi, namun memerlukan sebuah akun untuk terkoneksi ke jaringan internet, dan sementara kalian tidak mempunyai akun tersebut :D
Atau ketika kita hanya mendapatkan satu IP publik untuk mengakses internet.

Dalam kasus kali ini, saya umpamakan PC yang tersambung dengan internet menggunakan WiFi/Wireless, sehingga PC yang memerlukan koneksi internet menggunakan LAN. Kenapa harus menggunakan kabel LAN? Karena setiap PC hanya dapat tersambung dalam satu jaringan wireless, dan jika kalian berharap dapat melakukan sharing menggunakan Ad-Hoc sementara PC yang akan disharing terkoneksi jaringan WiFi, hal ini tidak akan bisa. Jika kalian ingin seperti itu PC yang dapat terkoneksi harus terhubung dengan LAN.

1. Pastikan kalian memiliki kabel LAN bertipe cross, karena kita akan menghubungkan dua divice yang sama. Jika kalian tidak mengerti tipe kabel cross, silahkan klik di SINI

2. Buka Control PanelNetwork and InternetNetwork and Sharing Center pada PC pertama, dan klik "Change adapter settings" pada panel bagian kiri.

3. Klik kanan pada adapter WiFi yang terhubung dengan internet, dan klik "properties"

4. Lalu pilih pada tab "Sharing", tandai semua check box, dan pilih adapter "Local Area Connection" yang berarti destinasi adapter yang akan menerima sharing koneksi internet.

5. Setelah itu, akan muncul kotak dialog seperti ini. Itu berarti adapter LAN akan mendapatkan IP statis sesuai dengan yang diberikan oleh sistem.

6. Lalu buka Adapter Setting pada PC kedua (seperti cara yang diatas), klik kanan pada adapter "Local Area Connection" dan klik properties.

7. Klik properties pada "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

8. Atur IP dengan sesuai dengan IP yang didapatkan pada PC pertama, hanya saja memberikan selisih satu angka pada oktet terakhir lebih besar (yang bertujuan agar kedua PC dalam satu jaringan), Default gateway dengan IP PC pertama, dan DNS menggunakan DNS google, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

9. Klik OK, lalu hubungkan Kabel LAN tersebut ke masing-masing port Ethernet kedua PC, dan lihat ikon Local Area Connection pada menu tray. Jika sudah Internet Access, silahkan berinternet ria!


Note:
Apabila kalian ingin sharing dari LAN ke Ad Hoc, langkah-langkahnya hampir sama namun PC pertama harus menyalakan Ad Hoc-nya terlebih dahulu, dan ketika destinasi sharing, pilih adapter Ad-Hoc. Artikel untuk tutorial menyalakan Ad Hoc ada di SINI (untuk windows 7) atau di SINI (untuk windows 8), dan untuk mengatur IP-nya bisa dilihat di SINI pada bagian pengaturan IP pada Ad Hoc.

Related Posts

Jaringan 4124175760970143806

Post a Comment

Search

Find Me!