Minesweeper - Game puzzle yang "tidak" masuk akal

Donny K 1 7:37 PM
Dalam pagi yang cerah ini *cie.., saya mau berbagi kepada kalian tentang game yang tidak mungkin asing dalam telinga kalian. Yak, game Minesweeper. :3

Saya emang seneng banget yang namanya main game puzzle, dan yang pasti game Minesweeper termasuk dala jajaran game yang saya sukai. Minesweeper adalah game dari Microsoft yang katanya sudah ada sejak dari Windows 3 launching, dan banyak yang mengatakan kalau ini termasuk game legendaris yang masih bertahan hingga saat ini. Walaupun udah sesepuh, tapi banyak juga yang tidak tahu bagaimana cara memainkannya, ya alasannya macem-macem sih mulai yang ribet lah, yang pusing pala berbi lah, dll. Eh, padahal kalo cari di google banyak banget tutorialnya, dan kalo udah bisa cara mainnya seru loh, bikin deg-degan! :D
Cara mainnya sebenernya sudah ada kok di blog saya. Klik link di SINI!

Minesweeper adalah game puzzle yang bertujuan menghapus semua "field" tanpa mengenai bom yang bersemanyam di bawah tanah dengan memanfaatkan petunjuk-petunjuk berupa angka. Angka-angka ini memberi tahu kita bahwa dalam radius 3x3, terdapat bom berjumlah sama dengan angka yang muncul. Jadi, angka-angka itu akan saling memenuhi dan dan terciptalah sebuah koordinat dimana letak bom tersebut berada.

Kalo habis baca petunjuk di atas sih, kayaknya emang masuk akal. Tapi entah kenapa saya terkadang merasakan sebuah keganjilan sewaktu memainkan game ini, apakah di sebelahku ada mbak kunti yang lagi nemenin aku main? *hhiiiyyy~
Yang jelas bukan itu! :D . Tapi keganjilan ini sebenarnya lumayan sering saya temuin. Entah itu di Windows XP, 7, 8 sampai, 10. Pas pertama kali nemuin hal ini, saya kira emang aku yang salah perhitungan, tapi nggak habis fikir langsung deh saya New Game langsung tanpa merasakan hal aneh. Tapi kemudian saya akhirnya beberapa kali nemuin hal aneh yang serupa. "Ini aku yang salah, apa game-nya sih?" sampai beberapa waktu lalu, akhirnya kelihatan banget kalau yang salah itu emang game-nya. Walaupun game Minesweeper yang saya mainkan ini ada di Windows 10, namun masih ada bug-nya. Entah itu bug, atau emang gitu game-nya. Ngga faham deh sama Microsoft.

Ini adalah penampakan dari game terakhir yang membuat saya merasa ganjil. Ta Da~
Seperti yang kita lihat diatas, kita ambil contoh saja kotak dengan nomor 3, disekitar itu ada 3 bom, ok, kita ambil aja kira-kira bomnya ada di sekitar 2 bendera sebelah kiri, dan yang saya tandai tanda tanya 2, karena yang bendera sudah pasti bom, kita abaikan saja. Kotak nomor 4 bawah, ada di menunjukkan ada 4 bom, dan bisa ditarik kesimpulan bawha sisanya ada di sekitar 2 tanda tanya (lagi). Begitupun seterusnya pada petunjuk di samping-nya, yang akhirnya ada 2 kemungkinan dimana letak bom pertamanya (soalnya masih ada 2 bom yang belum ketemu), yaitu yang saya tandai itu. Alhasil pada point ini sebenernya game sudah tidak bisa dimainkan lagi karena sudah mind-twisting, alias MEMBINGUNGKAN. -_-
Kalo udah seperti ini, biasanya saya asal klik aja deh sesuai hati nurani, kalo lagi berkah ya nggak dapet bom, tapi kalo kurang berkah, yahhh... tahu sendiri kan, pasti tanahnya meledak. :|

Coba deh, ditebak-tebak dulu dimana letak bom-nya, dan kalo sudah ketemu comba cek sama jawaban yang sebenarnya dibawah. Eits, tapi jangan asal jawab aja ya! Pake logika sesuai petunjuk koordinat yang sudah ada.

Dan, kalau udah selesai, kita lihat sama-sama jawaban yang ada di bawah ini. Tada~
Tuh kan, saya kurang mujur. Meledak deh akhirnya. :|
Yak, ternyata jawaban yang benar adalah kotak nomor 1 dan 4. Kalau tebakan saya sih kotak nomor 2 dan 5.
Kenapa saya bisa salah? Ya itu tadi, selain saya lagi tidak mujur, koordinat yang memenuhi memiliki 2 kemungkinan. Sekarang kita coba bandingkan dengan jawaban saya (kotak nomor 2 dan 5) sama jawaban yang benar (kotak nomor 1 dan 4). Semua memenuhi dengan petunjuk yang ada, tidak ada bedanya dari jawaban saya sama jawaban si Minesweeper itu sendiri.
Jadi saya tarik kesimpulan bahwa, Minesweeper adalah game puzzle yang "belum begitu" masuk akal. Kenapa saya katakan "belum begitu"? Karena kejanggalan hanya dapat kita temui beberapa kali saja, tidak setiap waktu terjadi. Adakah pesan-pesan terakhir yang ingin kalian sampaikan? Silahkan komentar dibawah ya! :D

Related Posts

Game 6338690274630027993

1 comments

Post a Comment

Search

Find Me!