Cara Membuat Jaringan Wireless di Cisco Packet Tracer

Donny Kurniawan Reply 8:33 AM
Pada artikel sebelumnya, kita membahas tentang DHCP pada jaringan Client Server, dan sekarang saya akan membuat jaringan nirkabel dengan menggunakan Access Point. Apakah itu Access Point?

Dalam jaringan komputer, titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan peranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar lain. WAP biasanya tersambung ke suatu router (melalui kabel) sehingga dapat meneruskan data antara berbagai peranti nirkabel (seperti komputer atau pencetak) dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Standar yang diterapkan untuk WAP ditetapkan oleh IEEE dan sebagian besar menggunakan IEEE 802.11.

Nah, sekarang kita praktekkan untuk membuat jaringan Wireless.


  • Studi Kasus 1: Jaringan dengan 1 Access Point.

1. Pertama letakkan device Access Point pada lembar kerja.

2. Letakkan 1 PC dan 1 Laptop sebagai contoh device yang ingin saling melakukan komunikasi data.

3. Letakkan bersebelahan seperti berikut.

4. Interface jaringan pada kedua device (PC dan Laptop) adalah menggunakan FastEthernet, dan FastEthernet cara komunikasinya hanya dapat menggunakan kabel. Jari kita harus memasangnya interface Wireless agar dapat terhubung pada Access Point. Untuk mengganti interfacenya, kita perlu membuka tab Physical pada tiap-tiap device.

5. Sebagai contoh, saya membuka pada PC. Setelah dibuka pada tab Physical, kita matikan PC-nya terlebih dahulu karena dalam pemasangan interface/modul PC harus dalam keadaan mati.

6. Setelah itu scroll ke bawah, dan kalian akan menemukan interface FastEthernet. Karena slot interface yang disediakan hanya 1, maka kita perlu membuang interface FastEthernet tersebut dengan mengedrag-nya seperti gambar, hingga slot tersebut kosong.

7. Jika sudah selesai, pilih pada module Linksys dan drag interface-nya ke slot yang sudah kosong tadi.

8. Jika sudah, nyalakan kembali PC.

9. Lakukan hal yang sama kepada device Laptop.

10. Setelah itu akan muncul garis-garis seperti berikut, yang menandakan kalau kedua device tersebut sudah terkoneksi dengan Access Point.

11. Untuk melakukan koneksi, lakukan pengaturan IP ke masing-masing device. Sebagai contoh, saya memasukkan IP 192.168.0.1 pada PC, dan 192.168.0.2 pada Laptop.

12. Dan inilah hasil Ping dari PC ke Laptop. Jika sudah menampilkan pesan Reply, maka kedua PC sudah saling melakukan komuniasi.



  • Studi Kasus 2: Jaringan dengan 2/lebih Access Point.

1. Jika kalian memberika lebih dari 1 Access Point pada lembar kerja, maka yang terjadi adalah device terkoneksi dengan Access Point secara acak seperti berikut.

2. Jika terjadi seperti ini, maka kita harus mengkoneksikan secara manual setiap device ke Access Point-nya masing-masing. Agar lebih mudah, kita ubah nama Access Point-nya sesuai keinginan

3. Ubah juga SSID setiap Access Point

4. Sebagai contoh saya ingin mengkoneksikan PC0 ke Access Point Ruangan 1, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka tab "Desktop", lalu pilih "PC Wireless"

5. Pilih pada tab "Connect"

6. Tunggu sebentar hingga list Access Point-nya keluar, dan konekkan sesuai ruangan setiap device.

7. Lakukan hal ini ke semua device yang tidak terkoneksi dengan benar.

8. Dan inilah koneksi Wireless yang benar setelah kita atur koneksinya.

Related Posts

Jaringan 680520759899567769

Post a Comment

Search

Find Me!